Oleh: Faoziduhu | Mei 10, 2012

BELAJAR DARI KELUARGA YAKUB. (bagian 1)


Banyak hal yang kita bisa pelajari dari keluarga Yakub. Kisah-kisah menarik yang kita bisa gali dari kitab kejadian tentang keluarga Yakub begitu lengkap. Saya rasa kisah keluarga Yakub adalah yang terlengkap dalam Alkitab. Memang ada kisah keluarga Abraham, keluarga Daud yang tidak kalah seru dan tidak kalah lengkap diceritakan dalam kitab suci. Namun kisah-kisah keluarga Yakublah yang kelihatannya paling banyak mendapat catatan. Alkitab kelihatannya banyak menyorot keluarga Yakub selain pribadi yakub sendiri. Ingat bahwa dari keluarga Yakub inilah kemudian lahir sebuah keluarga yang lebih besar lagi, yaitu sebuah bangsa yang disebut Israel. Kisah-kisah keluarga Yakub membentang dari pasal 29 sampai dengan pasal 49. Jadi ada 20 pasal. Kita tidak akan membahas keseluruhan kisah-kisah tersebut. Kita hanya akan melihat beberapa bagian saja. Sebagai bahan refleksi bagi kita sebagai keluarga Kristen hari ini.
Mari kita belajar bagaimana Yakub memulai/membangun keluarganya. Hal ini dikisahkan dalam pasal 29 kitab Kejadian. Yakub mencintai Rahel karena sikapnya baik dan cantik wajahnya. Itulah sebabnya Yakub rela bekerja 7 tahun lamanya di rumah Laban demi mendapatkan Rahel (ayat 17-18). Yakub demikian cinta kepada Rahel, sehingga Alkitab mencatat bahwa ia melewati masa tujuh tahun itu seperti beberapa hari saya (ayat 20). Saya tidak pernah mendapatkan narasi yang sedemikian indah menggambarkan cinta seseorang yang rela melakukan sesuatu dengan senang dan gembira melakukan sesuatu selain ayat 20 ini. Luar biasa cinta Yakub terhadap Rahel. Perjumpaan pertama di sebuah sumur di padang memberikan kesan yang dalam bagi Yakub. Sehingga ia mencintai Rahel.
Namun kisah tujuh tahun penuh dendam cinta ini, ternoda oleh siasat licik Laban yang justru memberikan Lea dan bukan Rakhel kepada yakub di malam pernikahannya. Laban menipu Yakub. Yakub memang telah menipu banyak orang sekarang untuk pertama kalinya ia ditipu oleh orang lain. Seolah-olah ada pelajaran penting buah Yakub disini, yakub harus belajar bagaimana rasanya ditipu orang. Ini memang menyakitkan, bayangkan tujuh tahun menunggu akhirnya dapat lea. Lea tidak dicintai oleh Yakub. Namun karena siasat Laban akhirnya terpaksa Yakub menerima Lea sebagai istri pertamanya dan rela bekerja tujuh tahun lagi untuk mendapatkan Rakhel wanita yang diidam-idamkannya.
Apa yang kita bisa pelajari dari kisah ini? Keluarga harus dibangun diatas dasar cinta? Benar. Ini sangat penting. Banyak orang membangun keluarganya tidak atas dasar cinta tetapi karena motivasi-motivasi tertentu. Misalnya karena motiv materi. Ada orang mau menikah dengan seseorang yang sebenarnya tidak dicintainya, namun karena calonnya itu orang “berkeadaan” maka nikahpun diadakan. Ada orang yang menikah karena desakan orang tua atau paksaan keluarga. Pada masa dulu di zaman siti nurbaya ini sudah biasa. Bayangin anak baru usia balita sudah dilamar atau dijodohkan. Memang masa itu sudah berlalu, namun zaman “siti nurbaya” gaya baru tetap ada sampai hari ini. Orang tua yang terlalu otoriter dan memaksakan kehendak kepada anaknya, bisa membuat anak tidak berkutik dengan rancangan orang tuanya. Orang tualah yang memaksakan kehendak menikahkan anaknya dengan orang orang pilihan mereka. Ini sering terjadi dan kita lihat hari ini. Aada begitu banyak motivasi orang yang mau membangun keluarga. Kita tidak bisa ceritakan satu persatu disini.
Keluarga seharusnya dibangun atas dasar cinta. Pertanyaannya cinta yang bagaimana? Yakub mencintai Rahel bukan hanya karena Rahel fisiknya cantik tetapi juga perangainya baik. Yakub melihat kecantikan itu luar dan dalam. Kita tidak melihat apakah standar yang sama juga dimiliki oleh Rahel terhadap Yakub. Cinta Yakub tidak hanya karena pandangan pertama, namun juga ahlak dan budi pekerti Rahel yang baik. Bayangkan Rahel adalah putri yang cantik tetapi penggembala domba. Namun masalahnya bukan faktor koboi yang ditunjukkan Rahel yang menjadi titik perhatian Yakub, tetapi kesan pertama yang menunjukkan bahwa Rahel seorang pekerja dan bertanggung jawab terhadap keluarga kelihatannya menjadi perhatian Yakub. Kekaguman akan citra luar dan dalam menjadi pemicu cinta Yakub kepada Rakhel.
Cinta manusia memang pada dasarnya lebih bersifat erotis. Berangkat dari kekaguman akan hal-hal lahiriah. Syukur-syukur diimbangi dengan kekaguman batiniah. Namun keluarga kalau hanya dibangun diatas alasan cinta erotis tidak akan bertahan lama. Cinta semacam ini akan gampang luntur, terdistorsi oleh banyak hal. Usia, sakit penyakit, musibah yang mengakibatkan cacat fisik bisa membuat kecantikan mudah hilang. Demikian juga halnya dengan hal-hal batiniah. Manusia gampang berubah. Hari ini mungkin baik hatinya tetapi belum tentu besok apakah tetap sama. Manusia rentan dengan perubahan. Oleh sebab itu jika kecantikan fisik luntur dan kecantikan batiniah berubah apakah tetap masih cinta? Kalau cinta sudah luntur bukankah hal itu alamat buruk bagi keluarga?
Namun kalau cinta dibangun diatas dasar cinta yang sejati yaitu cinta agape, maka bangunan rumah tangga akan tetap kokoh dan kuat sekalipun badai melanda. Sekalipun kecantikan fisik luntur dan kecantikan batiniah menghilang namun kalau keluarga dibangun diatas cinta sejati maka bangunan keluarga tetap tegak berdiri. Apakah cinta yang sejati itu? Cinta yang sejati itu kita sebut namanya kasih agape. Kasih agape adalah kasih yang kita bisa lihat dalam diri Allah yang ditunjukkan Yesus kepada kita. Sekalipun kita berdosa dan menjadi seterunya, namun Ia tetap mengasihi kita bahkan bertindak menyelamatkan kita. Demikianlah seharusnya kasih yang mendasari rumah tangga Kristen.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: