Oleh: Faoziduhu | Agustus 1, 2011

KEMATIAN DAN SURGA


Hari ini(Jumat yang lalu), entah kenapa istri saya sepulang jemput Marvel dari sekolah pergi langsung ke kuburan papa. Di sana istri saya dengan Marvel melihat-lihat kuburan papa yang baru beberapa Minggu lalu kami bersihkan. Anak saya yang masih kecil itu tentu banyak sekali pertanyaan kepada ibunya. Ia bertanya kenapa kakeknya meninggal? Kenapa di kubur? Tentu istri saya agak kerepotan menjelaskan hal ini. Maklum, bahasa yang dipakai untuk menjawab pertanyaan seusia Marvel harus se sederhana mungkin. Pada waktu ibunya menjawab bahwa kakek sudah meninggal, Marvel menunjukkan wajah yang sedih dan murung. Namun ketika istri saya mengatakan bahwa kakek sekarang sudah di surga, wajahnya kembali tersenyum.
Ternyata berbicara soal kematian itu kurang menyenangkan atau kurang mengenakkan. Saya pikir kitapun kurang menyukai bicara soal yang satu ini. Sekalipun kematian adalah fakta yang tidak bisa kita hindari. Namun jujur kita sebisa mungkin menghindarinya. Namun mengapa ketika bicara tentang surga hati kita menjadi senang dan gembira. Sama seperti halnya dengan anak saya? Memang ketika kita hanya berhenti pada pembicaraan soal kematian, rasanya tidak ada harapan atau sukacita di dalamnya. Pembicaraan tentang kematian seperti pembicaraan dalam gelap; dalam kekelaman. Kengerian ada di sana. Namun pada waktu pembicaraan kematian dilanjutkan dengan surga. Bahwa orang yang meninggal dalam Dia memperoleh Hidup kekal dan karenanya mereka berhak masuk surga, maka perasaan kita bisa berubah dari dukacita menjadi sukacita. Dari perasaan kengerian menjadi keberanian; dari ketidak pastian menjadi harapan yang pasti.


Tinggalkan Balasan

Kategori

